GONG PERDAMAIAN

Gambar Gong Perdamaian
3(tiga) gambar gong perdamaian

Latar Belakang Sejarah

Gong Perdamaian Dunia adalah sebuah gong yang merupakan sebagai simbol perdamaian dunia. Gong Perdamaian Dunia telah ditempatkan di beberapa daerah (Indonesia) yaitu Bali, Ambon, Palu, dll. Tujuan Gong Perdamaian Dunia adalah supaya tidak ada lagi perang, konflik sara, terorisme, dll. Museum Gong Perdamaian Dunia terdapat di Jepara tepatnya di Desa Plajan, Museum ini diresmikan oleh Mentri PU. 

Menurut Wikipedia Gong Perdamaian Dunia telah ada sebelumnya di desa Plajan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Gong Sacral ini telah berusia 450 tahun lamanya dan terletak di lereng Barat gunung Muria. Gong ini dibuat oleh seorang wali yang berasal dari Kerajaan Demak. Tokoh dunia peraih " Nobel Pedamaian " sekaligus Perdana Menteri Israel Shimon Perez, menyebut Gunung Muria memiliki kekuatan aura magis yang sangat luar biasa. Dan Presiden Palestina Yasser Arafat mengatakan juga bahwa Muria merupakan gunung pilihan Alloh untuk dijadikan " Gunung Perdamian ". Kedua tokoh peraih nobel tersebut berpendapat bahwa gunung Muria di Jawa Tengah - Indonesia merupakan " saudara kembar " dengan Gunung Muria yang ada di Yerusalem - Palestina.
Gunung Muria Memiliki Kekuatan Magis Yang Sangat Luar Biasa dan Merupakan Gunung Pilihan ALLOH
Di Desa Plajan ini, ada 3 gong perdamaian, diantaranya Gong Perdamaian Asia Afrika, Gong Perdamaian Dunia, dan Gong Perdamaian Nusantara. Gong-gong berdiameter 2 meter dan berat 180 kilogram ini masing-masing memiliki banyak simbol dan mempunyai makna tersendiri, yang dapat mengontrol atau mengakomodir aspirasi dan kepentingan umat manusia. Di antaranya simbol agama, bendera, serta lambang daerah atau kota. Sebelumnya, gong perdamaian juga telah dikirim ke 46 negara di seluruh dunia. Selain membawa pesan perdamaian, gong perdamaian ini juga membawa misi kerukunan antar umat beragama.

Dari deskripsi diatas kita bisa tahu asal muasal atau cikal bakal Gong Perdamian Dunia saat ini, dan Gong-gong lainnya yang ada atau tersebar di seluruh(penjuru) dunia. Berikut Gong Perdamaian Dunia yang terdapat dibeberapa tempat, yaitu :

1. Bali - Indoensia (31 Desember 2002)
2. Geneva - Swiss (5 Februari 2003)
3. Shandong - China (24 Agustus 2003)
4. New Delhi - India (11 September 2006)
5. Palu, Sulawesi Tengah - Indonesia (11 Maret 2016)

Nah itu lah deskripsi singkat tentang sejarah latar belakang Gong Perdamaian Dunia, Next lanjut ke Sejarah Gong Perdamaian Nusantara - Indonesia "Beda loh ya Gong Perdamaian Dunia sama Nusantara, ya kalo Dunia versi Global dan kalo Nusantara versi Indonesia (artikata yang terdapat di Nusantara - Indonesia)".

Gong Perdamaian Nusantara di Kota Singkawang

Gambar Gong Perdamaian Nusantara Kota Singkawang
Gong Perdamaian Nusantara Kota Singkawang
Berhubung admin tinggal di Kota Singkawang maka admin bahas tentang Gong Perdamaian Nusantara yang terletak di Kota Singkawang. So, baca sampai habis ya gaes :)
But untuk sekilas info admin paparkan beberapa Daerah yang terdapat Gong Perdamaian Nusantara, diantaranya sebagai berikut :

1. Gong Perdamaian Nusantara di Ambon
2. Gong Perdamaian Nusantara di Ciamis
3. Gong Perdamaian Nusantara di Yogyakarta
4. Gong Perdamaian Nusantara di Kupang
5. Gong Perdamaian Nusantara di Singkawang

Nah itulah beberapa Gong Perdamaian Nusantara yang terletak di masing-masing daerah tersebut, sekarang admin lanjut ngebahas Gong Perdamaian Nusantara yang ada di Kota Singkawang. Baca juga Singkawang History bagi yang ingin mengenal Singkawang Heritage dan info-info lainnya.

Lanjut pembahasan Gong Perdamaian Nusantara di Kota Singkawang keberadaannya tak lepas dari sejarah Gong Perdamaian Dunia yang merupakan simbol dari gerakan perdamaian secara global. Seperti yang admin ketik awal tadi cikal bakal gong nusantara ini berawal dari gong besar yang terdapat di sebuah museum di Jepara Jawa Tengah, lihat gambar di bawah.
Gambar Maps Gong Perdamaian Dunia di Jepara - Jawa Tengah
Gambar Maps Museum Gong Perdamaian Dunia di Jepara
Gong tsb dibikin langsung dari asalnya di Jepara dan diserahkan langsung oleh Presiden Komite Perdamaian Dunia dan juga pemrakarsa Gong Dunia, Bpk. Djuyoto Suntani kepada Bpk. Dr.Hasan Karman,S.H,M.M saat itu yang menjabat sebagai Walikota Singkawang dan diresmikan oleh Bpk. Drs. Cornelis,MH selaku Gubernur Kalimantan Barat.
Gambar GPN SKW
Gambar GPN SKW
Gong Perdamaian Nusantara atau disingkat GPN ini secara khusus diciptakan oleh The World Peace Committee (komite perdamaian dunia) yang dasarnya untuk "Sarana Persaudaraan dan Pemersatu Bangsa" yang misinya untuk menyatukan seluruh elemen bangsa Indonesia menuju kejayaan Nusantara yang dicita-citakan bersama.
Gambar Trademark atau Lisensi dari  The World Peace Committee
Gambar Tanda Copyright Gong Perdamaian Nusantara(GPN)
Menyatukan Seluruh Elemen Bangsa Indonesia Menuju Kejayaan Nusantara Yang Dicita-citakan Bersama

Deskripsi Singkat GPN (Gong Perdamaian Nusantara)

Gong Perdamaian Nusantara(GPN) terbuat dari bahan plat besi dan tembaga (kuning) berdiameter 2,2meter, dan berat 150kg. Jika dilihat lebih dekat maka kalian akan menemukan logo masing-masing daerah Kabupaten dan Kota diseluruh Indonesia, lingkaran tengah menampilkan logo 33 Provinsi, dan simbol 5(lima) Agama yang ada, yaitu : Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Islam. Dan terdapat sepasang bunga di kiri-kanan tulisan "Gong Perdamaian Nusantara - Sarana Persaudaraan dan Pemersatu Bangsa", pada lingkaran puncak atau titik bulat Gong terdapat Peta Indonesia (NKRI) sebagai simbol bentangan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berada di puncak peradaban bangsa tertinggi.
Gambar Logo dan Simbol Setiap Daerah Kabupaten dan Kota Seluruh Indonesia
Logo/Simbol Kabupaten dan Kota Seluruh Indonesia
Nah taukah kalian bahwa Gong Perdamaian Nusantara Singkawang merupakan Gong Perdamaian Nusantara ke-3(tiga) dari yang direncanakan sebelumnya hanya 5(lima) buah. Gong Perdamaian Nusantara terletak di Halaman sebelah Barat Kantor Walikota Singkawang yang beralamat di Jl. Firdaus, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat.

Gambar GPN di Halaman Sebelah Barat Kantor Walikota Singkawang
Gambar GPN yang terletak di halaman depan sebelah barat Kantor Walikota Singkawang
Ditempatkannya Gong Perdamaian Nusantara di Kota Singkawang adalah bentuk kepercayaan kepada masyarakat Singkawang, yang merupakan bagian yang tak terlupakan dan tak terpisahkan dari Republik Indonesia. Oleh karena itu kita wajib dan harus saling menjunjung tinggi perdamaian dimanapun kita berada, dan kita harus menjadi contoh bagaimana merajut perdamaian ditengah berbagai keanekaragaman suku, agama, ras dan hal lainnya.

Mungkin itu saja artikel informasi yang dapat admin sampaikan kepada kalian semua yang membaca artikel ini. Mohon maaf jika ada kata atau penulisan yang salah atau sumber yang tidak lengkap, karena kami ingin berbagi info yang mungkin banyak atau belum mengetahui Artikel tersebut. Dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari tahu menjadi mengerti, dari mengerti timbul rasa empati. Sehingga dengan adanya Artikel Sejarah dan Cagar Budaya kita dapat meraih masa depan yang lebih baik, Amin :)

Khususnya kepada generasi muda yang masih awam tentang pentingnya menjaga Cagar Budaya tersebut. Upaya pelestarian Cagar Budaya sejatinya memang menjadi tanggung jawab Pemerintah, tetapi jika tidak mendapat dukungan dari masyarakatnya maka menjadi sia-sia.

SHARE dan COMMENT jika Artikel ini bermanfaat bagi kamu, SUBSCRIBE kami dengan cara isi alamat e-mail kamu di kolom bawah Gratis, Trims.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »