SINGKAWANG HISTORY

Cagar Budaya Singkawang

Singkawang Heritage (Sebuah Kajian Arkeologi dan Cagar Budaya), atau dapat diartikan Pusaka Singkawang adalah segala hasil cipta, karsa, rasa, dan karya yang ISTIMEWA Kota Singkawang secara sendiri-sendiri, sebagai kesatuan Bangsa, dan dalam interaksinya dengan budaya lain sepanjang sejarah keberadaannya. Dan sudah tentu yang namanya Pusaka tak ternilai harganya, bahkan sudah sepantasnya dijaga, dipelihara, serta dilestarikan.
inilah salah satu gambar cagar budaya, singkawang heritage.
salah satu foto cagar budaya 
Menurut Singkawang Heritage Cagar Budaya yang terdiri dari 19 objek bangunan dan kawasan harus di pelihara atau di jaga bahkan di tata dengan baik, agar Cagar Budaya tetap terselamatkan. Cagar Budya adalah salah satu inovasi visi dan misi dari pemerintahan Kota Singkawang sekaligus sebagai jawaban atas amanah UUD 1945 & lebih rinci pada UU No. 11 Tahun 2010.

Pepatah bijak selalu mengatakan , " ambil yang baik buang yang buruk ". Sepahit apapun sebuah peristiwa masa lalu akan membawa kebaikan bahkan keuntungan dikemudian hari. Tinggalam masa lalu menjadi warisan yang harus dijaga dan dilestarikan agar anak cucu kita kelak "kebagian " menjadi saksi perjalanan Kota Singkawang menjadi Kota yang besar.

Ada suatu keyakinan bahwa yang sedang dan telah kita lakukan untuk melestarikan warisan Cagar Budaya akan membawa dampak yang baik bagi semua sektor kehidupan, dan tentu menambah khasanah keilmuan serta memperkaya informasi.
Saat ini mengenai Informasi Kota Singkawang yang sebelumnya telah terkenal sebagai Kota tujuan Wisata dan Budaya di Kalimantan Barat. beberapa Kota di Indonesia mulai menggalakkan Wisata Kota untuk menarik para Turis yang mencari alternatif destinasi berwisata. Jika awamnya para Turis mencari tempat eksotik karena keindahan alam , kini banyak juga para Turis yang berWisata dengan tujuan " mengenang kembali " suatu memori.

Wisata Kota adalah salah satu untuk para Turis mendapatkan kembali " chemistry " kisah-kisah yang lalu dengan " bantuan " melihat kembali suatu tempat, bangunan, tugu/monumen yang terdapat di dalam sebuah kota. Untuk menciptakan hal tersebut , maka sebuah kota melakukan penataan terhadap kawasan yang pernah menjadi pusat-pusat dari sebuah kompleksitas fungsi kegiatan Ekonomi, Social, Budaya yang mengakumulasi makna kesejahteraan ( historical significance ) serta memiliki kekayaan Tipologi dan Morfologi Urban Heritage yang berupa Historical Site, Historical Distric, dan Historical Cultural.

Perlunya melestarikan suatu kawasan Cagar Budaya harus didasari oleh dukungan kepada semua pihak, setidaknya ada 3 (tiga) hal yang harus kita tanamkan di diri kita masing-masing, seperti ;
  • Hal yang pertama ialah Kawasan Cagar Budaya adalah milik bersama; kawasan Cagar Budaya merefleksikan keunikan, konteks dari suatu kawasan, kota, atau bahkan suatu Negara, sehingga pelestarian Cagar Budaya berarti menjaga barang publik yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan membangun rasa memiliki dalam masyarakat
  • Hal yang kedua adalah Pelestarian kawasan Cagar Budaya dapat membantu pemerintah dalam pengembangan ekonomi. Berdasarkan hal yang terjadi di negara-negara maju, seperti Inggris, Amerika, pelestarian Cagar Budaya tidak bisa bergantung pada pemerintah saja. Kekuatan sosial dan pasar berperan penting dalam hal ini. Pada gilirannya, kawasan Cagar Budaya yang telah dikelola dan dikonservasi dengan baik, akan dapat menghasilkan keuntungan bagi daerah tersebut
  • Hal yang terakhir adalah Sebagai salah satu perwujudan dari pembangunan berkelanjutan. Pelestarian kawasan Cagar Budaya merupakan salah satu isu penting dalam pembangunan berkelanjutan. Dengan melakukan pelestarian suatu Cagar Budaya, dan menghidupkannya kembali dengan cara yang baru, merupakan salah satu bentuk realisasi pembangunan berkelanjutan yang efektif

Mengenal Cagar Budaya Singkawang

Keberadaan Cagar Budaya , sangat penting nilainya bagi sebuah Kota dan Bangsa. untuk itu, perlu dilestarikan, dilindungi, dan dipelihara secara terus menerus, agar dapat terjamin kondisi keterawatan dan keasliannya, serta dapat dimanfaatkan masyarakat luas.
Namun eksistensi sebuah Cagar Budaya terkadang mengalami " kekalahan " demi pembangunan yang juga mengatasnamakan kepentingan masyarakat. Untuk itu sebuah komitmen harus dibangun dengan mengusung prinsip bahwa pembangunan harus bersinergi dengan keberadaan sebuah Cagar Budaya. Mungkin oleh beberapa pihak, mungkin hal tersebut sangat sulit terwujud karena terjadi hal kepentingan.
Untuk itulah diperlukan sikap toleran dan saling menghargai sehingga melahirkan kesepahaman. Perbedaan bukan untuk dipertentangkan namun harus diselaraskan demi mencapai tujuan bersama.

Berikut 19 (sembilan belas) Daftar Nama Cagar Budaya yang terdiri dari bangunan dan kawasan di Kota Singkawang ;
  1. Pemukiman Sedau Pasar
  2. Pemukiman kaliasin
  3. Tungku Naga
  4. Rumah Kapitan Cina
  5. Rumah Kapitan Tambi
  6. Gong Perdamaian
  7. Rumah Marga Tjhia
  8. Klenteng Tri Dharma Bumi Raya
  9. Masjid Raya Singkawang
  10. Tugu Penyerahan Kedaulatan
  11. Mess Daerah Kota dan Kantor PM
  12. Gedung Vetor
  13. Gedung Landraad
  14. Kumpulan Rumah Petinggi Belanda
  15. Gereja SF.Asisi
  16. Susteran SFIC
  17. Komplek Alverno
  18. Water Toren ( Menara Air PDAM )
  19. ANIEM ( Algemene Nederland Indie Matschapij )
Nah itulah daftar list Cagar Budaya Bangunan dan Kawasan yang terdapat di Kota Singkawang.
Mohon maaf jika ada kata atau penulisan yang salah atau sumber yang tidak lengkap, karena kami ingin berbagi info yang mungkin banyak atau belum mengetahui Artikel tersebut. Dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari tahu menjadi mengerti, dari mengerti timbul rasa empati. Sehingga dengan adanya Artikel Sejarah dan Cagar Budaya kita dapat meraih masa depan yang lebih baik, Amin :)

Khususnya kepada generasi muda yang masih awam tentang pentingnya menjaga Cagar Budaya tersebut. Upaya pelestarian Cagar Budaya sejatinya memang menjadi tanggung jawab Pemerintah, tetapi jika tidak mendapat dukungan dari masyarakatnya maka menjadi sia-sia.

SHARE dan COMMENT jika Artikel ini bermanfaat bagi kamu, SUBSCRIBE kami dengan cara isi alamat e-mail kamu di kolom bawah Gratis, Trims.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments