SEJARAH SINGKAT KOTA SINGKAWANG

Gambar Tata Letak atau Peta Kota Singkawang
Gambar Peta Kota Singkawang

Singkawang,- Tahukah anda bahwa Singkawang adalah Kota kedua yang terbesar di Provinsi Kalimantan Barat - Indonesia. Kota yang berjarak 145 km dari Kota Pontianak ini terkenal dengan berbagai ragam corak atau kultur yang terdapat di dalamnya. Seperti tempat Wisata, Kuliner, Seni & Budaya, Perpaduan Suku Bahasa Etnis yang ada seperti Tionghoa, Dayak , Melayu, dan berbagai macam lainnya. Wajar saja pada awal Tahun 2013 Kota Singkawang mulai banyak di datangi para Wisatawan atau Pelancong dari Luar Daerah, Dalam Negeri atau bahkan Luar Negeri (turis).

MENGENAL SEJARAH SINGKAWANG

Menurut Wikipedia awalnya Singkawang merupakan sebuah desa bagian dari wilayah kesultanan Sambas, Desa Singkawang sebagai tempat singgah para pedagang dan penambang emas dari Monterado. Para penambang dan pedagang yang kebanyakan berasal dari negeri China, sebelum mereka menuju Monterado terlebih dahulu beristirahat di Singkawang, sedangkan para penambang emas di Monterado yang sudah lama sering beristirahat di Singkawang untuk melepas kepenatannya dan Singkawang juga sebagai tempat transit pengangkutan hasil tambang emas (serbuk emas). Waktu itu, mereka (orang Tionghoa) menyebut Singkawang dengan kata San Keuw Jong (Bahasa Hakka), mereka berasumsi dari sisi geografis bahwa Singkawang yang berbatasan langsung dengan laut Natuna serta terdapat pengunungan dan sungai, dimana airnya mengalir dari pegunungan melalui sungai sampai ke muara laut. Melihat perkembangan Singkawang yang dinilai oleh mereka yang cukup menjanjikan, sehingga antara penambang tersebut beralih profesi ada yang menjadi petani dan pedagang di Singkawang yang pada akhirnya para penambang tersebut tinggal dan menetap di Singkawang.

Menurut Sumber yang ada, asal usul kata Singkawang memiliki 2 (dua) alur cerita yang berbeda. Diantaranya yaitu :
  1. Yang Pertama Kata Singkawang di ambil dari nama tanaman Tengkawang yang hanya terdapat di hutan tropis. Dan pada tahun 1834 Singkawang mulai di kenal orang bangsa eropa dengan kata Sinkawan dikarenakan seorang ahli penulis bernama George Windwor Earl yang menyebut Singkawang dengan kata Sinkawan di buku nya yang berjudul buku The Eastern Seas. Dan ada juga sumber Catatan lainnya didapat dari salah satu penulis G.F De Bruijn yang terkandung dalam De Volken Van Nederlandsch Indie (1920) berjudul De Maleirs yang terjemahannya berbunyi : " . . . . . . .
    beberapa puluh mil di sebelah selatan kerajaan (Sambas) dibangun sebuah kota yang dimaksud sebagai kota pemerintahan (Belanda)
  2. Dan yang Kedua menurut cerita rakyat yang tersebar adanya Kisah 7 opsir anggota pasukan Kubilai Khan. Pasukan yang dipimpin oleh 3 jenderal itu – I-heh Mishih, Shihpi, dan Kau Hsing – dikirim oleh kaisar untuk menghukum “raja Jawa” yang pernah menghina utusan kaisar. Raja Jawa yang dimaksud adalah Sri Kertanegara, raja Singasari. Akan terapi pasukan Cina itu berhasil diperdayai oleh Sri Wijaya (pendiri kerajaan Majapahit). Sehingga pada tanggal 31 Mei 1293 seluruh pasukan Cina itu tergopoh-gopoh mening-galkan Jawa. Dalam pelayaran kembali ke daratan Cina itulah, dalam keadaan kelelahan, kapal mereka diserang badai. Mereka terpaksa mendarat di pantai barat Kalimantan untuk memperbaiki kapal. Pada waktu berlayar kembali, 7 orang opsir temyata tidak terbawa serta. Ketujuh opsir itu kemudian hidup menetap di Singkawang dan menikah dengan gadis-gadis setempat.
Nah demikianlah Sejarah singkat Asal Usul Kota Singkawang Terbentuk. Untuk Sejarah Pembentukan Singkawang menjadi sebuah Kota, silahkan Baca : Sejarah Pembentukan Kota Singkawang.

SHARE dan COMMENT jika Artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »