PEMUKIMAN KALIASIN

Latar Belakang Sejarah

Pemukiman Kaliasin ( Jam Tang ) adalah Cagar Budaya yang berdekatan dengan Pemukiman Sedau Pasar jaraknya hanya 2km dari Selatan Desa Sedau tsb. Menurut info yang didapat Pemukiman Kaliasin ini seumuran dengan Pemukiman Sedau Pasar, Argumen ini bisa dilihat dari beberapa kesamaan arsitektur bangunan yang serupa atau sama persis. Sesuai namanya Kaliasin, desa ini dulunya adalah penghasil garam ( "Jam Tang " artianya lapangan garam ), dan juga bercocok tanam ( bertani & berladang ). Tetapi ada juga yang berprofesi sebagai nelayan, karena di bagian tenggara ada sungai yang apabila ditelusuri lebih ke barat akan bertemu dengan laut. Secara umum arsitektur bangunan di Pemukiman Kaliasin/Jam Tang tidak jauh berbeda dengan Pemukiman A Tjap Kong. Bangunan tsb berbentuk rumah dempet memanjang dengan satu atap, unsur kayu mendominasi bahan bangunan yang meliputi lantai, pintu, jendela, dinding, tiang penyangga, dan atap.aut.

Berikut Gambar Penampakan Pemukiman Kaliasin ( Jam Tang ) ;
Foto Pemukiman Kaliasin ( Jam Tang )
gambar pemukiman " Jam Tang " tampak samping arah utara
Secara umum arsitektur bangunan di Pemukiman Kaliasin/Jam Tang tidak jauh berbeda dengan Pemukiman A Tjap Kong. Bangunan tsb berbentuk rumah dempet memanjang dengan satu atap, unsur kayu mendominasi bahan bangunan yang meliputi lantai, pintu, jendela, dinding, tiang penyangga, dan atap.
Foto Pemukiman Kaliasin ( Jam Tang )
Gambar Pemukiman Kaliasin tampak depan
Menurut pengamatan Pemukiman Kaliasin ( Jam Tang ) ini, bangunan-bangunan tsb terlihat seperti sebuah bangunan perkelompok. Dari penglihatan terhadap fisik bangunan yang ada terdapat 3 ( tiga ) kelompok bangunan, yaitu ;
  1. Diperkirakan merupakan bangunan awal yang terdiri atas dua buah bangunan yang saling berdempetan.
  2. Kelompok bangunan yang merupakan pengembangan dari kelompok 1 yang terletak di sebelah utara. Bangunan tsb saling berhadapan , berbahan mayoritas kayu, dan memiliki ukuran yang lebih kecil dari kelompok 1.
  3. Bangunan-bangunan yang berdiri sendiri, memiliki ukuran yang bevariasi yang terletak dibagian selatan.
Foto Pemukiman Kaliasin ( Jam Tang )
Gambar Pemukiman Kaliasin arah Selatan
Kondisi lingkungan Pemukiman Kaliasin terletak 7km dari pusat Kota Singkawang. Jika kita berkendara dari Singkawang menuju perjalanan arah Pontianak lokasinya disebelah kiri jalan dengan Landmark sebuah Pekong yang bersebelahan dengan tiang yang menjulang tinggi. Konon katanya saat Pemukiman Kaliasin mencapai puncak kejayaannya disaat itu profesi Nelayan menjadi Primadona dengan hasil Bumi yang melimpah, nah tiang itu berfungsi sebagai " Landmark " penanda sebuah Desa yang bernama " Jam Tang ". Kaliasin sekarang menjadi dua bagian yang pertama Kaliasin Luar, dan yang kedua Kaliasin Dalam.


Saat ini Pemukiman Kaliasin ( Jam Tang ) lebih dikenal sebagai sentra produksi Garam di Kota Singkawang. Letak Geografis : 108*56"313'BT 0*52"158'LU.
Nah inilah salah satu Cagar Budaya ( Singkawang Heritage ) yang masih berdiri bangunannya dan tampak ada sampai sekarang. Suatu kebanggaan tersendiri bagi kita masih bisa melihat dan tahu Sejarah Singkawang Heritage tsb.
Gambar Plang Tanda yang diberikan oleh Pemkot
Plang tanda dari Pemkot
SHARE dan COMMENT jika Artikel ini bermanfaat bagi kamu, SUBSCRIBE kami dengan cara isi alamat e-mail kamu di kolom bawah Gratis, Trims.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »